Fave This

Sunday 19 September 2010

RE: [Komunitas AmiBroker] Trading for living



Saya juga ingin berbagi pengalaman....
Saya setuju dengan berbagai money management yang sudah dibicarakan, tetapi pengalaman saya mengatakan hal lain. Ketika saya membagi2 portfolio saya menjadi beberapa saham yang dengan volume yg kecil... bukan selalu malah lebih aman, tetapi mangkel dan geregetan yang saya rasakan? Karena misalnya 2 saham untung 2 saham rugi 1 saham sideways... walaupun kalau ditotal masih untung pun... kadang dalam pikiran saya... coba kalau semua saya taruh di 2 saham yang untung... maka kita akan mendapat untung yang lebih  besar.  (Psikologi yang bekerja... hehehe).
Lalu yang saya lakukan adalah....
Saya sisihkan uang khusus buat kehidupan... tidak boleh diganggu gugat.... mau ditaruh di ORI, deposito dll terserah). Kedua... setiap kali untung dan profit taking, maka cash cepet ditarik dan ditabung. Bagi saya ini penting sekali sebagai peluru cadangan tatkala market crash dan juga penting sekali buat REFRESHING hahaha.... sebab kalau profit itu kita puter lagi sebagai modal... bisa2 keuntungan e tergerus (kalau salah posisi) dan tidak ada back up.
Memasang stop loss, cut loss dan parameter2 lainnya dan harus dengan disiplin menjalaninnya. Ini agak berat buat saya sebenarnya... tapi kalau sudah sering melakukan... agak enteng juga hehehe. Ingat... ini bisnis... untung rugi harus siap terima. O ya kalau stop loss di barang blue chip, jangan lantas jadi benci lalu tdk mau menyentuh sama sekali, justru harus terus dipantau... sebab kadang2 bandar memang turunin harga... biar dia dapet barang murah. Begitu ada reversal.... HAJAR... (balas dendam). Tapi kalau barang2 bukan blue chip... tergantung jenis sahamnya.  Terakhir yg saya alami adalah ADRO. Dari harga 2125 turun sampe 1770 lalu tutupan kemaren 2150. Edan tenan!
Nah yang perlu dilatih di sini adalah analisa dan feeling... Temen2 udah banyak memberikan afl yang bagus2, mari kita pelajari dan alami sendiri afl itu dan belajar untuk "Just Believe". Jika ada signal buy... ya buy... jika ada singnal sell ... ya sell. Nah untuk 'merasakan' AFL baru... tarulah dengan modal kecil. Jika sudah sreg... siap2 taruh dengan modal besar. Dengan bertambahnya jam terbang maka analisa dan feeling kita akan terasah. Kalau profitnya kurang besar... kadang2 bukan salah afl nya... ingat... afl itu ibarat papan surfing... dan gerakan saham itu adalah ombaknya. Yang juga saya sering alami adalah... signal buy.. semua indikator buy... tapi saham kita gak naik2... saham2 tetangga larinya kenceng2. Lalu kita lepas saham itu (padahal tidak ada signal sell) dan besoknya... BOOM... naik gila2an. Jadi di sini juga perlu TIMING dan KESABARAN.  Stock pic yang benar dan di saat yang tepat...inilah yang menjadi misteri alam. Maka yang terakhir adalah BERDOA.
Ini adalah pengalaman saya dan saya sadar juga banyak kekurangan. Tetapi saya percaya bahwa kita bisa hidup dengan trading yang benar.

--- Pada Ming, 19/9/10, Timur Langit <timurlangit.is.here@gmail.com> menulis:

Dari: Timur Langit <timurlangit.is.here@gmail.com>
Judul: RE: [Komunitas AmiBroker] Trading for living
Kepada: amibroker-4-bei@yahoogroups.com
Tanggal: Minggu, 19 September, 2010, 4:15 AM

 

Suatu kebetulan yg menarik….

Saya mulai juga july 2008…. Itu mulai di saham…. Awalnya maret 2008 di reksadana… merasa bisa predik, terjun ke saham di july 2008… untung gede disusul dengandarah belepotan dimana-mana….

 

BTW, urun rembug yuk… main "SEANDAINYA"

Seandainya saya trading for living;

1.       Berapa total modal yg diputar di saham untuk penghasilan perbulan yg diinginkan. Total modal berdagang saham selanjutnya disebut 'capital portfolio'. Penghasilan perbulan selanjutnya disebut 'gain dalam persen' per bulan terhadap capital portfolio.

Dari beberapa materi yg saya baca, 1% gain per bulan sudah cukup hebat. Tetapi gaji perbulan hanya 50% dari gain…. Karena pegawai tentu ingin  mendapatkan kenaikan gaji setiap tahun, maka harus ada sebagian gain yg masuk ke capital. Sehingga Sehingga kalau butuh penghasilan perbulan 10juta, maka capital/modal yg dimiliki diawal 'trading for living'  haruslah 2M.

2.       Bagaimana pembagian alokasi untuk saham, cash, cangcut (jika ada) pada kondisi bullish, sideways dan bearish.

Semua tentu sering mengalami Cut Loss tapi beberapa bulan kemudian saham kita itu naik lagi lebih tinggi dari level kita CL tadi, bahkan lebih tinggi daripada level kita beli sebelum CL. Tentunya ini hanya pada saham2 yg berada dalam trend regline yg bullish…

Saya pernah punya pemikiran begini;

-          Jika berdasarkan hitungan diatas, saya punya 2M, lalu saya bagi 4,

-          lalu saya cuma berdagang di saham2 yg regline nya up bullish

-          yang diperdagangkan 1 bagian beli di base jual di resis, 1 bagian jual beli berdasarkan breakout, 1 bagian standby menggantikan dana yg nyangkut dimana yg nyangkut baru CL kalau trend regline sudah patah. 1 bagian lagi untuk dana tambahan nampung sehabis koreksi besar. Rumit ya? tapi saya yakin 1% gain per bulan dapat tercapai dengan rileks.

-          Dari sebuah blog, saya baca, ada bahkan yg bagian untuk scalping (menitan… ) dimodalin jauh lebih besar. Untung 2% perhari dari modal 1M gede khan? CL di 1% gak masalah kalau dari 3 kali jual beli, 2 kali untung…. Scalping mainnya di volume….

3.       Bagaimana menentukan criteria Bullish, Bearish, Sideways?

4.       Selain dana 2M itu, saya harus punya tabungan yang mencukupi kebutuhan untuk masa bearish 2 tahun misalnya…

5.       Harus punya berbagai asuransi seperti kesehatan dan lain2… ada yg tahu berada dana untuk hal ini?

Tolong dong  tambahkan urun rembug nya.

 

Timur

 

From: amibroker-4-bei@yahoogroups.com [mailto:amibroker-4-bei@yahoogroups.com] On Behalf Of Eco Syariah
Sent: Sunday, September 19, 2010 9:51 AM
To: amibroker-4-bei@yahoogroups.com
Subject: Re: [Komunitas AmiBroker] Trading for living

 

 

Masih nubie mas Tommy... baru mulai July 2008...

2010/9/18 Tommy Yu <tradersejati@gmail.com>

 

Pak ES,

 

Kalau boleh tahu sudah berapa lama Trading For Living nya pak ?

thanks

 

Salam cuan,

Tommy Yu

---------------------------------------

Pelatihan Dasar Trading Saham - PDTS

http://www.jsxpro.com/pdts

Bergabung bersama JSXPRO TRADERS CLUB

Kirim email kosong ke : jsxpro-subscribe@yahoogroups.com

FB / Twitter : technicalist / @technicalist

 

From: amibroker-4-bei@yahoogroups.com [mailto:amibroker-4-bei@yahoogroups.com] On Behalf Of Eco Syariah
Sent: Saturday, September 18, 2010 6:48 PM

Subject: Re: [Komunitas AmiBroker] Trading for living

 

 

Tergantung kebutuhan dan tujuan masing2 orang... kalau 5% sudah menutupi semua yg dibutuhakn, bahkan melampaui... that's great !!!
5 tahun masih panjang, persiapan bisa lebih matang... jadi hasil juga bisa lebih baik... semoga sukses mas...

Maaf nih... komputer saya dibatasi power battery nya... jadi statusnya on/off...

ES

2010/9/18 <ayahnyanadia@yahoo.com>



Pak ES berapa keuntungan yg ideal utk trading for living tiap bulan..? Apa 5% cukup pak ES..? Sy rencana 5 thn lg akan coba coba trading for living..sy tlah coba target 5% perbulan..alhamdulillah sering terlampaui.

Sent from BlackBerry® on 3


From: Eco Syariah <esyariah@gmail.com>

Date: Sat, 18 Sep 2010 16:26:17 +0700

Subject: Re: [Komunitas AmiBroker] Trading for living

 

 

Saya full trading for a living, belum ada usaha/kerja lain... bukan karena tujuan tapi karena TA lebih dekat dgn pengalaman kerja sebelumnya dan awal2nya (sekarang juga sih....hehehe) saya sangat senang "melukis" di atas kanvas chart, sehingga hampir lupa bahwa this is a business... sampai2 saya sering ingatkan diri sendiri: "ini pilihan kamu sendiri, modal dan waktu kamu terbatas dan ingat kamu harus make money dengan modal itu untuk nafkah anak istri mu... karena kamu sudah tidak makan gaji lagi seperti dulu !!!".

Kalau dilihat dari persiapan dan tips pro sebelum terjun jadi full trader, sangat jauh... bisa dibilang persiapan saya minim... semula saya invest di Reksadana... karena saya banyak waktu untuk melototin monitor, maka saya putuskan untuk mengolah dana sendiri... beruntung saya tidak "ditelan" pasar, masih selamat aja sudah senang... seperti email saya sebelumnya, "trading is a marathon, not a sprint"... jadi nikmati aja prosesnya... insya Allah suatu saat proses belajar ini akan menunjukkan hasilnya...

Salah satu hal yg mungkin menjadikan saya bisa bertahan, karena saya tidak pernah menggunakan margin, bagaimanapun bagusnya sinyal suatu saham... saya mencoba konsisten maksimum 25% alokasi modal per trade untuk membatasi resiko.

Kira2 gitu... bingung mau share apalagi ? ... balik nanya ya... khususnya buat pengguna AB, setelah mengikuti kursusnya apakah anda masih kesulitan dalam penggunaannya... kalau boleh tau sulitnya dimana ? Dan buat calon pengguna... apa yg anda harapkan bisa dilakukan dengan AB ? ... ingat dalam trading for a living, charting software salah satu senjata yg kudu diperhatikan dan dikuasai.

Regards,
ES

2010/9/18 Laksana Laksana <myabku@yahoo.co.id>

 

Hi rekan2 AB lovers,
Mo nanya neh, sebetulnya ada tidak dari rekan2 yang bener2 sudah full trading for living saat ini....
Karena saya liat rata2 masih kantoran ya....sharing pengalaman dong....

Thanks

 

 

 

 

 

 




__._,_.___


Apabila membutuhkan software AmiBroker, Realtime Intraday Data & Pelatihan silahkan kontak : Dendo Valentino | Cell : 08159304868 | e-mail: amibrokerfreak{at}yahoo.co.id | YM id : dendov | http://www.facebook.com/dendo.amibrokerfreak | http://www.amibroker-4-bei.org





Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

No comments:

Post a Comment